17.2.10

ruang lingkup bahasa arab

C. RUANG LINGKUP BAHASA ARAB

Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah meliputi tema-tema yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan madrasah, kehidupan keluarga, rumah, hobi, profesi, kegiatan keagamaan, dan lingkungan.

Kelas VIII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah












1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah 2.1 Melakukan dialog sederhana tentang
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah 3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah 4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat:
جملة اسمية – مفعول به – جملة فعلية


Kelas VIII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi

1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
الهواية - المهنة
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :
الهواية - المهنة
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi dan Profesi 2.1 Melakukan dialog sederhana tentang:
الهواية - المهنة
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
الهواية - المهنة
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi
3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
الهواية - المهنة
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang:
الهواية - المهنة

3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:
الهواية - المهنة
4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang hobi dan profesi 4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana
tentang:
الهواية - المهنة
4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:
الهواية - المهنة
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
( أن ، لن ، لـ ) + فعل مضارع - فعل مضارع + مصدر مؤول


ARAH PENGEMBANGAN

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.